Sabtu, 15 Desember 2012

6 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Ibu hamil kadang mengalami kesulitan memilih makanan. Rasa mual mendera namun nutrisi untuk janin harus tetap terjaga. Usia kehamilan yang masih muda amatlah rentan, pastikan daftar nutrisi wajib ini terpenuhi.

Usia kehamilan yang masih cenderung muda atau trimester kehamilan pertama biasanya adalah waktu yang rentan bagi janin. Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh menentukan perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Berikut ini adalah beberapa daftar pilihan makanan yang baik untuk menambah ekstra nutrisi Anda.

1. Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan seperti lentil, chickpeas, kacanghijau, kacang merah, kedelai hingga kacang tanah menjadi sumber serat , protein, zat besi, folate, kalsium, dan juga zinc. Mineral-mineral tersebut amat diperlukan untuk tumbuh kembang janin di trimester pertama.

2. Daging

Kalau dulu Anda menghindari daging, kini Anda wajib menyelingi menu makan Anda dengan daging. Daging menjadi suber protein hewani, sumber vitamin B12, B6, dan niacin. Selain itu, daging juga mengandung colin yang baik untuk membantu perkembangan otak dan fungsi kognitif janin. Anda bisa mencampuran daging dengan saus pasta, atau di dalam burger.

3. Berries

Keluarga berries (strawberry, blueberry,raspberry) sangat baik dikonsumsi setiap hari termasuk oleh ibu hamil. Berries mengandung vitamin C, potassium, folate, serat, dan juga antioksidan yang tinggi.� Phytonutrien yang terdapat di dalam buah berries bermanfaat untuk menjaga sel tubuh si ibu dan calon buah hati dari kerusakan.

4. Brokoli

Kenapa harus brokoli? Karena brokoli mengandung folate, serat, kalsium, lutein, zeaxanthin, serta karotenoid yang baik untuk membantu perkembangan penglihatan. Potassium juga membantu tekanan darah Anda dalam kondisi normal.� Sajikan brokoli sebagai syuran pendamping atau sebagai camilan dengan cara ditumis dengan olive oil.

5. Yoghurt

Jika Anda alergi atau mual minum susu ketika hamil, cobalah menggantinya dengan yoghurt. Karena yoghurt mengandung protein, kalsium, vitamin B dan juga zinc. Kalsium dalam yoghurt cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan susu. Apabila Anda kurang suka dengan yoghurt tawar, Anda bisa menambahkan potongan buah pisang, berries, kurma, ataupun buah kering. Campuran buah dengan yoghurt juga enak untuk dibuat smoothies.

6. Daun Katuk
Khasiat untuk memperlancar ASI bagi ibu-ibu yang baru melahirkan serta membersihkan darah kotor.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar