Sabtu, 02 Maret 2013

Mitos-Mitos Konyol Waktu Ane Kecil

Halooo agan2 semua. Kali ini ane mau sharing tentang masa kecil ane yg sebenernya konyol tapi agak2 berbau belagu juga. barangkali nggak cuma gue tapi mungkin ada di antara agan2 yg pernah mendengar atau mengetahui langsung mitos ini.

Lets check them out gan! Silahkan nanti kalo ada yang belom kemuat bisa agan2 tambahin. Lain ladang lain pula kambingnya. Heheheh


1. Kalo nelen biji buah, nanti tanaman buahnya bisa tumbuh di kepala
Ane denger ini dari kakek ane. Pertama kali tuh ane inget waktu nelen biji kakao. Maklum kakek ane punya tanaman kakao lumayan banyak. Dulu kakek ane bilang kalo makan kakao (ngemut biji kakao tepatnya) jangan sampe ketelan bijinya. Nanti bisa tumbuh di kepala. Intinya gitu deh. Gara2 itu, ane sampe takut kalo di kepala ane tumbuh tanaman kakao. Hii...nggak kebayang. Tapi ternyata setelah 20 tahun kemudian, kepala ane kagak kenape2 tuh  Bohong banget ternyata!



2. Jangan dudukin BANTAL/guling, entar bisa bisulan!?

Ini juga nggak kalah anehnya gan. Nggak ada hubungannya sih antara dudukin bantal sama bisulan. Boleh jadi orangtua jaman dulu ngerasa kalo dudukin bantal itu nggak sopan. Kan bantal itu tempat kepala kalo pas tidur. Ora ilok! Jadi deh anak2 dibohongin pake nakut2in gitu. Biar anak2 pada takut dudukin bantal lagi. Kena kibul lagi gue!



3. Jangan ngeludahin sumur. Entar bisa gowehen

Hampir sama kayak nomer 2 cuma yg dilarang disni adalah meludahi sumur. Emang sih, secara etika ngeludahin sumur adalah perilaku yg cukup tercela dan nggak ada etis2nya sama sekali. Jadi wajar kalo orang2tua mewanti2 anaknya biar nggak sembarangan meludah, apalagi meludahi sumur. arti Gowehen itu sendiri ane kurang tahu ya gan. Sampe sekarang ane pikir Gowehen itu semacam sariawan ato peyok mulutnya. Hiii :



4. Kalo abis Nunjuk Kuburan, Jarinya Harus Dijilat

Ini mitos ane denger dari temen ane. Koplak banget deh. Sesat! Tapi sempet juga ane ercaya ama argumentasi temen gue itu. Jadi tiap kali ane lewat kuburan trus ane jilat2in sendiri tuh jari gue. Kata temen gue, kalo nggak dijilat jarinya bisa ketempelan setan. Diikutin ato diuber2 setan. Hadeeeeww..... Maklum, yang namanya anak kecil percaya aja dikibulin gituan. Jangan percaya deh gan! Sekarang ane masih baek2 aja kok. Nggak kesurupan



5. Kalo tali pocong nggak dilepas, si Mayit bakal Bangkit jadi Pocong

Mungkin mitos ini udah banyak beredar di masyarakat. ada film ato sinema2 yang udah banyak menayangkan kasus tali pocong yglupa dilepas sehingga membuat arwah yang mati gentayangan. Ane sih percaya2 aja gan. Katanya tuh, ada yang pernah didatengin pocong trus si pocong minta tali pocongnya dilepasin. Wuihhh...ngeri banget! Tapi sampe sekarang ane belon pernah tuh ngeliat pocong secara langsung.  Sok berani ni yeee!



6. Jangan keluyuran di atas Jam 5 SORE!!! Bahaya Diculik WEWE GOMBEL

Ini salah satu mitos paling tenar saat ane kecil dulu. Anak-anak ditakut2in orangtuanya biar nggak keluar rumah pada jam2 mendekati gelap. Katanya sih setiap jam 5 sore sampe waktu maghrib, ada wewe gombel yang suka menculik anak-anak. Trus nanti dijadiin anak wewe gombel itu. Kalo mau nulungin anak yang diculik wewe harus pake mukulin alat2 dapur gitu, kentongan segala macem biar si wewe balikin anak yg diculik. Hiiiii :
anak-anak sih percaya aja. Maklum, waktu itu banyak banget cerita2 hantu di ampung gue. Temen ane yang dari kampung sebelah (agak jauh) juga sering cerita2 hantu gitu. Makanya ane mah percaya aja. Hahaha.... Ketauan bego nya. Hahaha, tapi selama ini nggak pernah terbukti gan.



7. Kalo Bau Menyan berarti Ada Genderuwo!!!??? Kalo Bau Kembang Kanthil Berarti ada POCONG!?

Lagi2 mitos buat nakut2in anak2! Banyak deh gan mitos ginian. Ane lagi2 percaya juga sama hal kayak ginian. Apalagi waktu itu tahun 1990an akhir. Film Suzanna marak banget diputer di TV2 swasta. Bikin bulu kuduk merinding. Jadi kalo ada yg tiba2 mencium bau menyan ato kembang kanthil (bunganya orang mati itu lho gan), itu tandanya ada genderuwo ato pocong!?............... WAKTUnya NGACIiiiiiiiiiiiiiiiiirrrrr!!!!!  Temen ane sering nih bercandaan pake mitos ini biar pada lari terbirit2 misal pas lagi rame2 lewat jalan yang sepi.


Quote:
8. Kalo lewat jembatan, jalan, pohon besar, jangan lupa bilang "Nuwun Sewu Mbah, ato permisi Mbah, ato BACA DOA!?"
Ane lupa pernah denger ini kapan, ato cuma angan2 ane doang gara2 kebanyakn asupan film horor waktu kecil. Intinya ini mitos yang paling sesat karena mengharuskan kita takut pada makhluk halus yg entah gimana caranya kita mengetahui keberadaannya secara pasti. Duh, ada aja yang percaya mitos ginian. Kalo ane sih bilang nuwun sewu, mah sama orang2tua gan. Bukan sama jembatan


.


9. Kalo Gigi Atas Copot, Buang giginya ke Tanah. Tapi Kalo Gigi Bawah yang Copot, buang ke atas Genteng :

Ini mitos waktu kecil yang paling terkenal menurut ane. Paling mengena dan mungkin banyak anak kecil seangkatan gue yang mengalaminya. orangtua sering2 menakut2i hal yang aneh dan sampe sekarang masih menjadi misteri. Soal gigi yang copot ini, kalo aturan maen di atas nggak dipatuhin, ancamannya nggak maen2 lho gan. Konon sih kalo nggak patuh sama aturan gigi copot tuh, pertumbuhan gigi bisa kacau, alias "TUNGGANG" boso jowo di kampung ane. Gingsul2 gitu lah (susah nyari padanan katanya dalam bahasa Indonesia).

Anehnya, gigi ane sekarang ada yang tanggal/gingsung/tunggang satu gan  Percaya nggak percaya : lho gan Barangkali ada di antara agan yang pernah mengalaminya? Jangan2 mitos ini emang bener



10. Jangan ke Pantai Pake Baju "Ijo" !!!

Berhubung ane waktu kecil suka maen ke pantai, ane pernah denger mitos kalo ke pantai jangan pake baju warna ijo. RAWAN KESERET OMBAK. enta bener nggaknya ane emang gampang percaya ama mitos berbau mistis gini. Apalagi waktu itu booming banget film Suzanna (lagi2) tentang Nyi Roro Kidul, Sang Penguasa Laut Selatan. Pantai di daerah ane emang cukup ganas ombaknya. Jadi ane pikir wajar kalo anak2 ditakut2in gitu, Biar mikir2 en jaga2 keselamatan.Berhubung ane anak yang patuh maka ane kal ke pantai nggak pernah mandi apalagi nyemplung ke laut. Bisa2 ane sekarang udah nggak disini
Sayangnya, sampe sekarang ane belon pernah denger tuh ada korban tenggelam karena mandi di laut pas pake kaos warna ijo. Hahahha, jangan2 mayatnya sudah tak berbusana lagi. Hanyut pakaiannya



11. Jangan disisain nasinya, nanti Ayamnya mati Lho!

Berhubung di kampung ane yang memelihara ayam cukup banyak, hampir semua kepala keluarga memelihara unggas yg satu ini, maka nggak heran kalo di daerah ane muncul mitos ini. Sebenernya sih udah jelas nggak masuk akal sejak awal. Mana ada hubungannya ayam mati sama porsi makan kita??? 
Tapi entah kenapa mitos ini terdengar sangat mendidik dan mengajari anak2 untuk bersyukur atas rezeki dan makanan yang telah Tuhan beri. Jadi sayang kan kalo makanan disia-siakan, apalagi dibuang. Mubazir. Mungkin itulah nilai moral dari mitos2 tersebut. Mitos2 yang mendidik tentu saja :



13. Konon Kunang-Kunang itu adalah Kuku Mayit (dari agan 4X3L4 yang juga pernah ane alamin waktu kecil)

Mitos ini juga nggak kalah seremnya dengan mitos2 yang lain. Secara ilmiah emang gak ada hubungannya. Yang mengherankan ane nggak tahu pasti kenapa harus ada mitos ini. Mungkin biar anak2 tuh nurutin kata orang tu, nggak gangguin makhluk yang namanya kunang2. Maklum dulu waktu ane kecil kunang2 masih banyak gan, nggak kayak sekarang  Kalo keinget mitos kuku mayit ihi ane jadi inget film2 VAMPIR China (dulu ane sering banget nonton film vampir ini).



Oke lah sekian trit ane kali ini. Kalo ada yang mau nambahin bisa komeng di bawah. Ciao gan. Kalo berkenan silahkan di rate, Kalo nggak ya tolong jangan di bata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar