Bentuk dan model mobil selalu berubah-ubah, tapi ada satu hal yang nyaris abadi, logo.
Banyak orang menasbihkan diri sebagai pecinta mobil tertentu, namun
hanya sedikit orang yang benar-benar peduli maksud dan sejarah dari
logo mobil kesayangan.Logo tak hanya sekedar simbol identitas visual
suatu produk otomotif. Tapi, logo punya fungsi penting --
memperkenalkan produk ke pasar dunia.Ada tiga tipe logo mobil yang
kini dikenal, berbentu simbol, teks, maupun kombinasi antarkeduanya.
Yang jelas, ada maksud tertentu atau kisah di balik sebuah logo yang
bisa membuat penasaran. Ini cerita dan fakta menarik di balik logo
mobil-mobil top dunia.
1. Mercedes Benz
Logo
bintang segitiga Mercedes punya arti khusus -- dominasi perusahaan
yang meliputi darat, laut, dan udara.Sedangkan nama Mercedes berasal
dari seorang pengusaha Austria dan pecinta otomotif, Emil Jellinek. Dia
memiliki seorang anak bernama Mercedes.
Jellinek tak hanya menjual mobil Daimler-Motored-Gesellschaft (DMG)
namun berpartisipasi dalam balap motor pertama di Jerman. Saat itu dia
mengendarai kendaraan yang dibuat DMG di balik nama samarannya,
Mercedes.
Saat itu, Mercedes merujuk ke nama tim dan pengemudi. Namun, saat ini
Mercedes adalah hasil merger dua perusahaan mobil,
Daimler-Motored-Gesellschaft atau DMG, yang didirikan oleh
Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach, serta Benz & Cie, yang didirikan oleh Karl Benz.Logo saat ini, bintang dalam lingkaran, diperkenalkan untuk pertama kalinya di 1937.
2. Audi
Insinyur Jerman, August Hoch mendirikan perusahaan A. Horc & Cie
pada 1899.Satu dekade kemudian, dia terpaksa hengkang dari perusahaan
yang didirikannya. Tak patah arang, bersama patner bisnisnya, Franz
Fikentscher, dia mendirikan perusahaan baru.
Ketika mendiskusikan nama perusahaan barunya, putra Fikentscer yang
sedang belajar Bahasa Latin di sudut ruangan menanyakan arti 'audiatur
et altera pars' [bukankah ide bagus untuk menyebutnya Audi bukannya
Horch?]
Kata 'Horc' adalah singkatan dari kata 'mendengar' dalam Bahasa Jerman.
Sementara Audi adalah kata latin yang juga berarti
'mendengar'.Kemudian, pada 1932, empat perusahaan yakni, Audi, Hoch,
DKW, dan Wanderer merger menjadi satu perusahaan, Auto Union.Kemudian
dipilihlah logo berupa empat cincin yang bertautan, simbol penyatuan
empat perusahaan yang jadi kebanggaan sekaligus rahmat bagi mereka
hingga saat ini.
3. BMW
Logo lain yang menarik perhatian adalah BMW. Berwujud lingkaran terbagi
empat dengan dua warna, putih dan biru langit berselang-seling.Itu
melambangkan baling-baling pesawat yang berputar di langit biru.Simbol
itu relevan dengan sejarah BMW sebagai pemasok utama mesin pesawat
terbang, misalnya 'Red Baron' untuk pemerintah Jerman selama Perang Dunia I.
Pada 1918, ketika perang dunia berakhir, pemerintah Jerman menghentikan permintaan mesin pesawat pada BMW.
Kondisi tak punya pilihan saat itu, justru membuat BMW berkreasi. Arah
bisnis berubah. Perusahaan tersebut mulai dengan membuat rem kereta
api, lalu sepeda bermotor, sepeda motor, dan lalu mobil -- yang
mendunia.
4. Chevrolet
Ada dua kisah mengenai logo Chevrolet, 'bowtie'. Yang pertama, pendiri perusahaan, William C Durant
terinspirasi kertas pelapis dinding di sebuah hotel di Perancis. Dia
merobeknya untuk dijadikan logo.Versi cerita berbeda datang dari
istrinya. Dikatakan, inspirasi emblem bowtie datang dari sebuah surat
kabar Virginia -- ketika mereka berlibur di daerah Hot Springs,
Virginia, sekitar tahun 1912.
5. Ferrari
Simbol 'Cavallino Rampante' alias kuda jingkrak Ferrari ternyata punya
cerita menarik.Simbol itu aslinya adalah emblem para penerbang Italia
dalam Perang Dunia Kedua. Simbol itu dipakai juga Franceco Baracca --
penerbang Italia yang gugur dalam perang.Ketika Enzo Ferrari memulai
perusahaan mobil miliknya, dia menggunakan logo tersebut di mobil balap
Alfa Romeo, atas dorongan orang tua Baracca.
Kemudian, 'kuda jingkrak' tak hanya dipasang di mobil Ferrari.
Popularitasnya melebihi yang diperkirakan. Kini, logo Ferrari bisa
ditemukan di sepeda, kaos, dan apapun yang bisa dibayangkan.
6. Ford
Logo mobil asal Amerika Serikat ini sederhana, dengan huruf 'Ford' yang
ditonjolkan. Logo ini telah digunakan lebih dari 50 tahun.Bentuk
huruf ini diperkenalkan Harold Wills -- rekan dekat Henry Ford.
Ketika remaja, Wills mencari uang dengan membuat kartu nama.
Ketika rekannya, Henry Ford mencari logo untuk perusahaannya, Wills
menyodorkan set cetakan tuanya dan model huruf yang digunakan di masa
remajanya untuk mencetak kartu nama.
Pada 1912, lingkaran oval ditambahkan dalam logo Ford. Pada 1927, logo
juga mengalami perkembangan, warnanya menjadi biru. Logo terakhir --
oval biru ini dirilis 2003 untuk menghormati 100 tahun Ford Motor
Company.
7. Lamborghini
Beberapa logo mobil mencerminkan selera sang pemilik. Salah satunya logo 'banteng mengamuk' di Lamborghini.Pendiri perusahaan,
Ferrucio Lamborghini
adalah penggila matador, sampai-sampai memilihnya sebagai logo
perusahaan mobilnya.Banyak mobil Lamborghini yang diberi nama banteng
yang telah mendapatkan penghargaan dalam event-event dunia.
8. Renault
Perusahaan Renault didirikan oleh Louis Renault ketika baru berusia 21
tahun. Logo pertama perusahaan adalah tiga huruf depan Renault
bersaudara, Louis, Ferdinand, dan Marcel.Perusahaan ini juga punya logo
khusus untuk tank militer -- setelah tank ringan produksi perusahaan
Renault, FT-17 digemari selama Perang Dunia I.
Logo bentuk berlian diperkenalkan pada tahun 1925 dan didesain ulang pada tahun 1972 oleh desainer terkenal Victor Vasarely. Logo yang berlaku saat ini, berlian dikelilingi persegi kuning adalah simbol kualitas.
9. Volkswagen
Sederhana tapi mengena, itu yang menggambarkan logo mobil Volkswagen.
Logo VW adalah adalah satu logo mobil yang paling sederhana dan cepat
dikenal di dunia.Logo berbentuk V di atas huruf W dengan latar belakang
lingkaran warna biru.Volkswagen dalam Bahasa Jerman berarti 'mobil
rakyat'.
Logo ini diperoleh dari hasil kompetisi yang dimenangkan Franz
Reimspiess.Volkswagen punya latar belakang sejarah menarik -- dimulai
pada 1930-an, era Nazi Jerman.Adalah ide Hitler untuk memulai produksi
mobil dengan harga terjangkau untuk masyarakat. Hitler dan Gercinand
Porsche mengeluarkan ide mobil kumbang Volkswagen yang bisa membawa dua
orang dewasa dan tiga anak kecil.
Namun, pabrik pembuat mobil kumbang lebih banyak memproduksi kendaraan
militer ketimbang mobil untuk rakyat -- membuka kedok di balik maksud
Hitler sebenarnya.
10. Volvo
Volvo berarti 'saya berputar' dalam bahasa latin. Kata Volvo berasal
dari kata latin 'volvere' yang berarti berputar.Logo Volvo adalah
simbol kuno untuk besi -- yakni lingkaran dengan anak panah menunjuk
ke atas secara diagonal ke kanan.Simbol ini juga merepresentasikan
'Mars' dewa perang. Mobil Volvo juga secara tradisional dikenal untuk
fitur keselamatan.Simbol kuno besi digunakan untuk juga mencerminkan
tradisi kuat industri besi Swedia.
Logo Volvo terpasang di atas latar belakang biru.Pasca kekalahan Jerman
dalam perang, Inggris mengambil alih pabrik Volkswagen dan mencoba
menjualnya.
Awalnya, orang-orang menolak desain kumbang VW, yang dianggap inferior.Namun, VW berhasil membuktikan dirinya,
Volkswagen Beetle menjadi salah satu mobil terlaris di dunia.
11. Hyundai
Perusahaan mobil Korea Selatan ini memiliki slogan 'Drive your way' ini
memiliki logo huruf 'H' dikelilingi bentuk oval -- menggambarkan
keinginan kuat perusahaan untuk mendunia.Huruf H yang miring dan
bergaya, juga menggambarkan simbol dua orang -- representasi perusahaan
dan pelanggan -- sedang berjabat tangan.
12. Toyota
Dari kejauhan, logo Toyota mirip huruf 'T' yang berarti 'Toyota'.Namun,
jika diamati lebih dekat, logo mobil Jepang itu terdiri dari tiga
bentuk oval. Dua oval yang saling bertautan menyerupai huruf 'T'
merepresentasikan hubungan saling menguntungkan dan saling mempercayai
antara pelanggan dan Toyota.
Latar belakang oval yang lebih besar menggambarkan perkembangan
kemajuan teknologi dan kesempatan tak terbatas bagi perusahaan untuk
terus maju.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar